4 Hal yang Sebaiknya Dihilangkan dari Blogger Template

Untuk pengguna blogger atau yang lebih dikenal dengan domainnya blogspot, para bloger tentunya akrab dengan penggunaan blogger template. Ya, template blog yang tersedia di internet maupuan yang secara default sudah disediakan oleh pihak blogger memang mempermudah para bloger untuk membuat blog. 

Namun demikian pada saat blogger template tersebut kita gunakan tentunya tampilan awalnya sangat tidak menarik, Gadget yang berserakan dan banyak Gadget yang sebenarnya tidak kita inginkan. Tampilan awal tersebut juga menimbulkan kesan pemilik blog masih pemula karena tampilannya kurang profesional.



Nah, untuk membuat tampilan blog menjadi lebih professional, maka kita bisa melakukan beberapa hal diantaranya menghilangkan bagian-bagian yang kurang perlu untuk ditampilkan di blog kita. 

Berikut beberapa hal yang saya anjurkan untuk dihilangkan berdasarkan pengalaman saya:

Lihat Juga: Cara Mudah Merubah Warna Template Blog

1. Hilangkan Navbar
Untuk menghilangkan Navbar pada blog sobat, silakan lihat di bagian dashboard, pilih tab "Layout" atau "Tata Letak" dalam bahasa Indonesia. Pada bagian Layout/Tata Letak kamu dapat lihat Gadget Navbar kemudian klik Edit. Pada window pop-up yang muncul klik pilihan "off".


2. Hilangkan kekusutan di bagian footer
Terdapat beberapa bagian di footer yang mungkin ingin kamu hilangkan misalnya pengarang ataupun waktu posting, atau mungkin bagian-bagian lainnya. 

Untuk melakukan hal tersebut anda dapat melihat ke bagian dashboard dan memilih tab Layout atau Tata Letak. Di sana anda akan melihat bagian utama atau Main dimana ada tulisan Posting Blog. Klik Edit dan sebuah Window akan muncul dengan tulisan "Mengonfigurasi Posting Blog". Di sini sobat memiliki pilihan untuk meng-uncheck (menghilangkan) elemen apapun yang diinginkan.
Silakan ubah konfigurasi di bagian "Opsi Laman Entri" yang akan menentukan tampilan Postingan Sobat.

3. Hilangkan pesan "Subscibe to Post Atom" pada bagian dasar halaman
Subscribe to Post Atom atau nama lainnya dalam bahasa Indonesia adalah Langgan Entri (Atom) sebaiknya dihilangkan karena kurang berguna.
Untuk menghilangkannya kita harus mengubahnya di bagian HTML. Untuk itu anda harus lihat ke Dashboard kemudian klik Template dan anda akan mendapatkan tampilan yang memiliki dua button sebagai pilihan yaitu "Sesuaikan" dan "Edit HTML". 
Klik "Edit HTML" kemudian cari menggunakan tombol "Ctrl" + "F" baris berikut:

<b:include data='feedLinks' name='feedLinksBody'/>

Setelah itu hapus baris tersebut.

4. Hilangkan link "Home" atau "Beranda" yang ada di dasar halaman 
Link Home berguna untuk membawa kita ke bagian homepage atau beranda bila kita mengkliknya. Namun posisinya yang di bawah halaman sangat mengganggu karena tidak umum. Untuk menghilangkannya maka sobat-sobat perlu mengedit bagian HTML juga. 
Untuk menghilangkannya maka lakukan hal-hal berikut ini:

Untuk itu anda harus lihat ke Dashboard kemudian klik Template dan anda akan mendapatkan tampilan yang memiliki dua button sebagai pilihan yaitu "Sesuaikan" dan "Edit HTML". 
Klik "Edit HTML" kemudian cari menggunakan tombol "Ctrl" + "F" baris berikut:

<a class='home-link' expr:href='data:blog.homepageUrl'><data:homeMsg/></a>

Setelah itu hapus baris tersebut.

Demikianlah beberapa Hal yang perlu dilakukan Sobat-sobat untuk membuat tampilan blog kita tetap terlihat professional meskipun menggunakan Template yang sudah ada/disediakan oleh Blogger.

Semoga bermanfaat ya!

Comments

  1. udah ane praktekin semua gan tipsnya

    ReplyDelete
  2. Insya Allah sudah ane praktekin gan, nice info

    ReplyDelete
  3. Nice info gan, anyway Ane udah ga pake default templates dari Google gan...karena a bit outmoded.

    ReplyDelete
  4. Teriam kasih Gan Infonya, saya masih belajar jadi infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. bermanfaat buat saya yang lagi belajar nie

    ReplyDelete
  6. mantap gan (y) ane jadi tau, maklum newbie

    http://sukasukaku12.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Post a Comment